Sambutan Ketua STKS Bandung

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Ungkapan puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah subhanahu wata’ala karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kita semua masih dianugerahkan nikmat sehat dan bersemangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari dalam kehidupan. Tak lupa sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan alam, Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam, kepada keluarga, sahabat, tabi’it dan tabi’in, serta sampai kepada kita semua sebagai umatnya di akhir zaman.

 Apresiasi yang teramat tinggi saya sampaikan kepada Team 5 karena mereka telah berupaya keras untuk mengumpulkan cerita para alumni Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung yang mendapatkan beasiswa keluar negeri. Apalagi saya sangat mengenal para anggota dari Team 5 tersebut yang memang memiliki kualitas, baik di bidang akademik maupun keorganisasian di dalam dan luar kampus. Sejauh ini belum ada mahasiswa ataupun alumni STKS Bandung yang membuat penyusunan karya seperti ini. Karena itu, buku ini merupakan karya orisinil dari para mahasiswa STKS Bandung, khususnya Team 5.

STKS Bandung sejak berdirinya tahun 1957 sampai dengan hari ini telah meluluskan lebih dari 10.000 pekerja sosial, dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di antara ribuan lulusan tersebut, beberapa di antaranya berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa pada jenjang Master (S2) dan Doktoral (S3) dari Malaysia hingga Amerika. Beberapa diantara mereka bahkan mampu bersaing dengan sumber daya manusia dari luar negeri sejalan dengan tuntutan global. Salah satunya adalah Puji Pujiono, PhD yang pernah bekerja di UN-OCHA Tokyo, lalu sempat berkantor di UNDP Swiss, dan kemudian saat ini bekerja di Comprehensive Disaster Management Programme, Bangladesh-India dengan keahlian profesional di bidang disaster management.

Kisah-kisah tersebut tentu tidak dimaksudkan untuk menafikan mereka yang bertugas mengikuti pendidikan pekerjaan sosial di dalam negeri. Upaya mengumpulkan cerita dari alumni ini bertujuan untuk mengemas serpihan semangat juang yang “berbeda” dari mahasiswa kebanyakan, untuk ditampilkan secara menarik serta menggugah semangat muda baik mereka yang masih berstatus mahasiswa di STKS Bandung maupun mereka yang selalu haus akan pendidikan. Pencapaian yang berbeda tersebut tentu didasari oleh perjuangan yang berbeda juga. Dalam buku ini, para pembaca yang budiman dapat melihat dengan jelas bentuk nyata dari perjuangan tersebut.

Pendidikan yang berkelanjutan sangat dibutuhkan untuk semakin mengangkat harkat profesi pekerjaan sosial. Semakin ke depan, tantangan untuk pekerjaan sosial akan semakin kuat, dan hanya dapat dijawab dengan kerja keras.

Semoga karya ini akan memberikan inspirasi untuk menghasilkan karya-karya pekerjaan sosial Indonesia dan memberikan kontribusi penting bagi perkembangan pekerjaan sosial di negeri ini.

Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

 Dr Kanya Eka Santi, MSW

Bandung, Desember 2012

Ketua Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung

 

Dr. Kanya Eka Santi, MSW

Categories: Testimoni | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Tinggalkan Komentar ^_^

Create a free website or blog at WordPress.com.